Selasa, 15 Juli 2014

Phil yang tidak Phlegmatis

Pada suatu hari saya (Florence) mengganti ganti saluran TV dan menangkap acara "The Phil Donahue Show". Phil sedang mewawancarai ahli ekonomi Adam Smith, dan saya (Florence) merasa takjub oleh telaah watak keduanya yang sempurna : Phil, ekstrovert Sanguinis yang populer/Koleris yang kuat, memusatkan semua perhatian pada dirinya; Adam Smith, orang Melankolis sempurna yang mendalam (dengan pikiran yang genius) dan phlegmatis yang damai (berprofil rendah sekali dan bijak) dan tidak terpengaruh oleh pertanyaan yang diajukan kepadanya. Komentar Phil menunjukkan tidak adanya pengetahuan tentang watak-watak serta adanya pengandaian bahwa karena kepribadian Adam tidak mudah berubah-ubah seperti dirinya, dia tampak agak bodoh.
         PHIL   : " Saya bisa melihat Anda tidak terlalu tertarik kepada bahan bahasan ini ".
        ADAM : " Saya tertarik sekali. Saya hanya tidak memliki energi sebesar Anda ".
         PHIL   : " Saya bisa merasakan Anda bosan. "
        ADAM : " Saya tidak bosan. Ini hanya karena wajah yang saya bawa sejak lahir. "
      Ketika penonton mengajukan pertanyaan kepada Adam, Phil menyerobot masuk dengan jawaban. Pada suatu ketika, Phil menoleh kepada Adam, setelah memberikan jawaban penuh bagi dia, dan berkata, " Begitulah perasaan Anda tentang hal ini, bukan, Adam?" Adam menjawab, "Mengapa bertanya kepada saya?"
tidak ada perlunya bertanya kepadanya, sebab Phil mempunyai kesempatan besar mengatakan kepada semua orang apa yang dikiranya akan dikatakan oleh Adam. Orang Sanguinis yang Populer selalu merasa bahwa dia harus menjawab untuk setiap orang lain karena dia bisa mengatakannya secara jauh lebih baik..

Dikutip : Buku Edisi Revisi personality plus florence littauer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar