Inspirational Prayer of the Day

Selasa, 26 Februari 2013

Ciri-Ciri Sifat Plegmatis

Ciri – ciri Plegmatis

Plegmatis adalah watak manusia yang cenderung lebih menyukai kedamaian, dan lebih suka menghidanri konflik dan tanggung jawab.
Dan karena sifatnya itulah tak heran jika watak plegmatis merupakan penyeimbang dari ketiga watak lainnya. Watak yang mampu menciptakan kestabilan dan keseimbangan hidup.
Watak plegmatis bisa menghentikan rencana gila sang sanguinis yang begitu terobsesi dengan kepopuleran. Watak plegamtis juga tidak akan larut dalam kekesempurnaan rencana yang dibuat oleh melankolis.
Juga tidak begitu terkesan dengan ide – ide cemerlang yang dibuat oleh orang – orang dengan watak koleris. Kaum plegmatis memang cenderung tenang, kalem dan santai dalam meghadapi hidup.
Plegamtis dengan sikap tenang dan damainya memang bisa membuat orang disekitar bneruntung karena bisa menyadarkan mereka dari rencana – rencana yang tidak penting yang telah mereka pikirkan.
Namun kedamaian dan ketengan yang dimiliki oleh kaum plegmatis tidak berarti selalu dalam wilayah yang menyenangkan dan menguntungkan. Karena ada kalanya sikap yang dimiliki oleh plegmatis berbuah masalah.
Hal ini dikarenakan kaum plegmatis biasanya tidak pintar dalam mengambil keputusan. Dan bila diminta untuk membuat keputusan, biasnya mereka akan menunda – nunda untuk membuat keputusan.
Sikapnya yang tenang dan kalem bahkan cenderung tidak memiliki antusiasme dalam menghadapi hidup membuat mereka kehilangan tujuan hidup dan sulit untuk memotivasi diri.
Sehingga jika kita bekerja dengan orang yang memiliki watak plegmatis, maka kita harus rajin – rajin untuk memberikan mereka semangat dan motivasi hidup.
Kaum plegmatis biasanya lebih bagus untuk dijadikan pendengar,  namun tidak untuk membuat keputusan. Karena biasanya keputusan yang mereka buat adalah keputusan yang bisa menyenangkan semua orang.
Jika ingin meminta pendapat, pergilah kepada orang yang memiliki sifat korelis, yang memiliki pemikiran yang praktis dan bisa dijadikan tumpuan dalam menghadapi keadaan darurat. (nn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar